Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEGUDANG MANFAAT MADU, BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT MEMATIKAN


 
SEGUDANG MANFAAT MADU, BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT MEMATIKAN


Berbicara soal serangga lebah, pastinya terlintas akan madu yang manis serta sakitnya bila tersengat. Padahal hewan ini banyak manfaat, seperti jika anda mengkonsumsi madu, di dalamnya banyak mengandung nutrisi serta vitamin dan mineral baik untuk tubuh, soal Penyebaran lebah madu sangat merata di seluruh belahan dunia, jika kita bandingkan dengan serangga lainnya. Ketika terdapat manusia di suatu daerah maka di situ lebah dipastikan berada. Hal itu lah menjadikan madu sudah dikenal kegunaannya sejak kurang lebih 10.000 tahun yang lalu.

Setidaknya kurang lebih  2500 tahun yang lalu, kaum Hippocrates telah berhasil menemukan madu sebagai cara menyembuhkan luka. khasiat madu pada masa lampau mungkin sama dengan penicilin pada saat ini. Madu yang kebanyakan terdiri akan kandungan glukosa digunakan sebagai obat dari macam-macam penyakit seperti cardiovascular, pendarahan perut, ulcer perut, penyakit pencernaan, tipus, disentri, malaria, penyakit tenggorokan dan sebagai obat untuk keracunan.

SEGUDANG MANFAAT MADU, BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT MEMATIKAN

Sebenarnya dari mana sih madu itu berasal ?

Madu berasal dari  Nektar yang diserap oleh lebah, kemudian ditelan lalu masuk ke dalam perut. Ketika lebah sudah sampai di sarang nya maka nektar tersebut dikeluarkan lagi, setelah itu lebah akan mengunyah-kunyah dan akhirnya disimpan dalam sel agar masak. Proses Pemasakan ini terjadi karena adanya enzim Invertase, manipulasi lebah, isapan air oleh dinding perut madu dan penguapan karena kipasan lebah. Enzim tersebut bersumber dari nektar dan lebah. Enzim ini mengubah sukrosa menjadi dekstrosa dan levulosa.

SEGUDANG MANFAAT MADU, BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT MEMATIKAN


Apa Fungsi madu untuk tubuh kita?

Di dalam madu terdapat beberapa senyawa seperti Glukosa yang bekerja sebagai tonikum pada sistem kerja jantung, apabila gula dalam tubuh ternyata sedang menurun. Maka Glukosa akan menambah ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Selain mengandung glukosa, madu juga memiliki berbagai macam mineral, asam organik dan zat lain yang penting untuk kehidupan manusia. Sudah sangat jelas bahwa madu merupakan makanan yang berkhasiat bisa menyembuhkan serta mencegah berbagai macam penyakit.

Di masa lalu banyak atlit-atlit yang mengkonsumsi madu sebelum bertanding. Karena mereka percaya Madu bisa menjadi sumber tenaga yang mudah diserap oleh tubuh. mencampurkan Madu dengan air merupakan kebiasaan bangsa Inggris dan Jerman, kedua negara tersebut rutin dan gemar mengkonsumsi campuran madu dengan campuran air tadi. 


Akan tetapi mencampur madu dengan bir yang menjadi kebiasaan bangsa-bangsa eropa belakangan ini. Madu sudah terkenal di daratan Eropa pada zaman dahulu, masyarakat eropa selalu memberikan madu pada anak-anak mereka setelah susu tentunya, karena bangsa eropa mengetahui madu dapat mencegah terjadinya kekurangan gizi. Kebiasaan itupun sampai ke daratan amerika, para ibu di Amerika juga melakukan hal yang sama dengan memberikan madu kepada anak-anak mereka.


SEGUDANG MANFAAT MADU, BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT MEMATIKAN


Khasiat madu untuk kesehatan

Setelah anda mengetahui kandungan madu di atas, di bawah ini merupakan beberapa manfaat madu untuk kesehatan tubuh:

Menjadi sumber antioksidan tinggi,  yang membantu tubuh menangkal radikal bebas serta menetralkannya, radikal bebas sendiri dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan penuaan dini..
Madu juga memiliki khasiat sebagai anti bakteri, anti virus dan anti jamur, sehingga dapat mencegah tubuh dari serang infeksi bakteri, virus dan jamur, virus dan bakteri tadi bisa menyebabkan penyakit seperti tifus, influenza, herpes atau lainnya.

Madu asli mengandung berbagai macam zat, yang semuanya tergantung pada macam jenis nektar yang di dapatkan si lebah, sifat tanah dimana tanamanan diambil sarinya, cuaca, suhu pemasakan dan cara ekstraksi nektar tadi.

madu yang telah masak akan mengandung zat-zat berikut:

Levulosa Fruktosa 41,8%, Dekstrosa Glukosa 35,0%, Sukrosa 1,9%, Desktrim 1,5%, Mineral 8,2%, Zat-zat lain yang belum ditentukan 3,4% dan kandungan Air 17%
Mineral yang terkandung di dalam madu yang terpenting seperti  Na, Ca, Mg, Cu, Al, Mn, Fe, K dan P. Komposisi atau imbangan dan banyaknya mineral tersebut mendekati jumlah mineral yang terkandung pada tubuh manusia. Berbagai macam vitamin yang terdapat di dalam madu, yang larut dalam air maupun larut dalam lemak, diantaranya adalah: Vitamin B1, B2 B3, BP, Be, H, K, C dan asam pantotenat.


Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat lebah madu bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "SEGUDANG MANFAAT MADU, BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT MEMATIKAN"