Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA


PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA

PENDAHULUAN

Bunga Rosella atau nama ilmiahnya Hibiscus sabdariffa merupakan spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Awal Mula bunga yang cantik ini hanya untuk dijadikan penghias halaman rumah saja. Akan tetapi pada saat ini bunga rosella banyak dijadikan konsumsi, dengan diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin maupun minuman dingin pada musim panas.

 

Bunga rosella berasal dari benua Afrika, selain dikonsumsi sebagai minuman, bunga rosella biasanya dijadikan selai maupun jeli. Semua itu dihasilkan dari serat yang terkandung dalam kelopak bunga rosella, berbeda dengan afrika, kalau di Jamaika, bunga rosella kebanyakan dibuat salad yang dimakan tanpa dimasak alias mentah. terkadang salad bunga rosella dimakan dengan kacang tumbuk maupun kacang direbus.

 

Lain halnya dengan Kebiasaan masyarakat di wilayah sudan ialah Bunga rosella dijadikan sebagai minuman sehari-hari, namun ada tambah campuran seperti garam, merica, dan tetes tebu. Minuman rosella tersebut dapat menghilangkan efek mabuk juga mencegah batuk. Selain itu, bunga rosella bisa juga dimanfaatkan sebagai obat diet maupun penyakit diabetes. Tidak hanya itu, selain bisa dibuat selai dan teh, ternyata bubuk biji bunga rosella bisa juga dijadikan bahan campuran minuman kopi.

 

PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA


Cina dan Thailand merupakan dua negara produsen rosella terbesar, negara ini juga yang mengendalikan sebagian dari pasokan dunia akan bunga rosella. Akan tetapi untuk produksi rosella terbaik kebanyakan berasal dari wilayah Sudan, namun ada sedikit kendala ialah produksi yang masih kurangnya menyebabkan susah bersaing dengan dua negara tadi. Senasif dengan sudan, produksi Rosella asal Meksiko, Mesir, Senegal, Tanzania, Mali dan Jamaika juga hanya memproduksi rosella untuk di konsumsi secara lokal di wilayahnya masing-masing.

 

Sedangkan untuk Indonesia sendiri bunga rosella banyak dikonsumsi sebagai teh. Apalagi di minum saat musim penghujan, selain nikmat menghangatkan badan, ya bunga rosella juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. terdapat banyak khasiat yang bisa diperoleh saat mengkonsumsi teh rosella ini, diantaranya seperti bisa mengobati penyakit diabetes, batuk, menghilangkan efek mabuk, bukan hanya itu kelebihan dari teh rosella bagus dalam program diet dan masih banyak lagi khasiat dari bunga rosella.

 

Manfaat Bunga Rosella Kering dan kandungannya

 

Bunga rosella mempunyai  kandungan vitamin diantaranya seperti  vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C serta vitamin D sangat tinggi. tidak hanya itu, ternyata bunga rosella juga mengandung banyak kalsium dibandingkan dengan anda meminum satu gelas susu. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan serta asam amino sebesar 18 jenis hanya di dalam sebuah bunga rosella. Jadi, banyaknya manfaat dari bunga rosella yang baik bagi kesehatan tubuh serta bagus untuk kecantikan. Apa saja manfaat dari bunga rosella terutama yang sudah kering, lebih mudah lagi ya teh rosella, simak ulasan berikut ini :

 

PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA


Mencegah hipertensi tekanan darah tinggi

 

Banyak penelitian yang dilakukan supaya mengetahui apa saja kandungan serta manfaat bunga rosella ini.  Pada akhirnya para peneliti menemukan Efek hepatoprotektif pada rosella yang terdapat kandungan flavonoid.

Flavonoid sendiri berfungsi sebagai senyawa anti kanker yang bisa didapatkan pada kelopak bunga rosella. Selain itu flavonoid juga memiliki sifat protektif terhadap penyakit stroke, kardiovaskuler termasuk juga penyakit darah tinggi atau hipertensi.

 

PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA


Mencegah osteoporosis

 

Kandungan lain dari bunga rosella ialah kalsium. Perlu anda ketahui bahwa pada Secangkir teh rosella mengandung sebanyak 500 gram kalsium. Jumlah ini lebih tinggi dibanding dengan segelas susu yang hanya 350 gram. Sangat baik dalam membantu mencegah osteoporosis.


PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA



Masalah pencernaan


Banyak vitamin yang terkandung  dalam bunga rosella terutama vitamin B1 dan B12, vitamin ini membantu menjaga keseimbangan pada sistem saluran pencernaan. Rosella juga sangat baik untuk menjaga stamina tubuh, sebab tadi banyak manfaat dalam bunga ini yang bagus untuk meremajakan sel tubuh dan juga melindungi tubuh dari infeksi kuman maupun virus.

 

PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA



Membuat kulit semakin cerah

 

Bunga rosella memiliki kandungan protein esensial, asam amino, dan vitamin C. Kandungan tersebut sangat bagus bagi kulit wajah dan menjaga kulit dari bahaya radikal bebas serta sinar UV. Selain itu adanya kandungan antioksidan serta beberapa mineral yang bisa membersihkan komedo maupun flek-flek pada wajah.

 

PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA


Mengatasi ketergantungan

 

Bunga rosella memiliki manfaat sangat besar, apa lagi bagi orang yang ketergantungan, seperti halnya ketergantungan terhadap rokok, kecanduan alkohol bahkan yang paling parah ya narkoba. Bunga rosella bisa mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan ketergantungan.

 

Ternyata  bunga rosella ini sangat hebat bukan,apa lagi bagi kesehatan tubuh. Penasaran bagaimana cara mengolah bunga rosella ini ? harus di buat apa? .

Pertanyaan tadi bisa terjawab pada ulasan di bawah ini,  cara membuat teh dari bunga rosella.

Pertama-tama,  anda bisa menaruh tiga sampai enam bunga rosella, kemudian keringkan. Perlu diperhatikan agar rosella tidak terlalu kering dan terlalu basah.

Langkah Kedua, lalu masukan bunga rosella ke dalam teko bisa juga cangkir, setelah itu seduh bunga rosella menggunakan air hangat, seperti layaknya membuat teh.

Dan yang Terakhir, setelah air berubah warnanya menjadi merah lakukan penyaringan agar bersih dari ampas rosella. Teh rosella siap untuk di minum selagi masih keadaan hangat. Sangat cocok diminum saat cuaca dingin.

 

 

Mudah kan cara membuat teh dari bunga rosella, anda pun bisa membuatnya di rumah. Namun, sekarang tidak perlu repot lagi, Anda bisa membeli teh rosella di toke obat herbal terdekat lebih praktis tinggal seduh. Semoga artikel mengenai khasiat bunga rosella ini bermanfaat!


Posting Komentar untuk "PENYAKIT HILANG HANYA DENGAN BUNGA ROSELLA"