Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MANFAAT DAN CARA MENANAM BUNGA MATAHARI



MANFAAT DAN CARA MENANAM BUNGA MATAHARI


Salah satu Jenis bunga  yang memiliki keindahan tersendiri karena bisa membuat banyak orang terpesona melihatnya. Bunga matahari disebut juga dengan nama ilmiahnya Helianthus annuus Linn, merupakan jenis bunga yang mudah ditanam menggunakan biji. Pada umumnya bunga matahari digunakan sebagai penghias pekarangan saja, akan tetapi ada manfaat terkandung pada bunga matahari yang sangat mengagumkan. Manfaat itu ialah dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

 

Bunga matahari mempunyai tampilan yang menarik.  Bunga yang Sangat cantik dijadikan sebagai bunga potong, maupun bunga penghias pekarangan rumah. Tidak hanya itu, bunga matahari juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh seperti dapat mencegah peradangan, mencegah tekanan darah tinggi, diabetes, kaya akan omega 6, juga bagus untuk kecantikan, terutama biji maupun minyak biji bunga matahari.



Akarnya pun mengandung manfaat diantaranya mampu menyembuhkan infeksi pada saluran pernapasan, juga pada saluran kencing. Selain itu  pada bagian bunga juga memiliki kandungan yang bagus untuk meredakan sakit kepala, mengurangi rasa nyeri karena haid dan masih banyak lagi manfaat bunga yang satu ini.

Kelebihan bunga matahari tadi tentunya membuat Anda semakin tertarik untuk menanamnya bukan ? bagi Anda yang tertarik dalam menekuni budidaya bunga matahari, anda sangat beruntung kali ini kami akan memaparkan apa saja langkah maupun tahapan untuk menanam bunga matahari yang baik dan benar menggunakan bijinya. Simak penjelasanya di bawah ini

 

MANFAAT DAN CARA MENANAM BUNGA MATAHARI


Pemilihan Benih Bunga Matahari

 

ketika Anda akan mulai membudidayakan tanaman bunga matahari, pastinya anda akan mencari benih terbaik dengan memilih benih berkualitas. sangatlah menentukan tanaman bunga matahari nantinya akan tumbuh dengan baik atau malah sebaliknya. Oleh karena itu Belilah benih bunga matahari yang bagus  yang berasal dari  indukan sehat. Dengan ciri memiliki tinggi 1 sampai 3 meter, batang berkualitas berbentuk basa, berdaun bunga yang berbentuk hati, bunga yang dihasilkan besar.

 

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari

 

Pada tahapan selanjutnya ialah dengan mempersiapkan media tanam sebagai tempat menanam bunga matahari. Media tanam biasanya terbuat dari kombinasi tanah dan kompos dengan perbandingan campuran 3:1. Penggunaan kompos didasari agar kandungan nutrisi hara dapat tercampur dan membuat tanah menjadi subur. Tidak hanya kompos, pemberian pupuk GDM SAME dan black bos juga akan membantu tanaman menjadi semakin subur. karena Masing – masing pupuk tadi mengandung 4 sampai 5 bakteri yang bagus untuk tanah, berfungsi mendegradasi tanah yang semula keras menjadi gembur, juga menambah nutrisi dalam tanah.

 

MANFAAT DAN CARA MENANAM BUNGA MATAHARI

Pembibitan Bunga Matahari

 

Tahapan selanjutnya setelah anda menentukan jenis bunga matahari berkualitas yaitu Pembibitan,  proses ini dapat dilakukan dengan cara menyemaikan benih pada media semai seperti contoh polybag dan baki semai. Media tanam benih penyemaian bunga matahari terdiri dari campuran yaitu tanah, kompos dan arang sekam dengan masing-masing dicampurkan dengan perbandingan 1:1:1.



Kemudian lakukan penyiraman media semai dengan air secukupnya, setelah itu baru bisa untuk menebar benih bunga matahari. Letakan media semai pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Usahakan juga agar tidak terkena air hujan langsung. Lakukan penyiraman secara rutin agar media selalu dalam keadaan lembab, dengan menjaga Kondisi kelembaban mempercepat pertumbuhan bibit bunga matahari. Bibit baru akan siap ditanam kurang lebih selama 30 hari di masa persemaian.

 

MANFAAT DAN CARA MENANAM BUNGA MATAHARI


Penanaman Bibit Bunga Matahari

 

Benih membutuhkan waktu 30 hari baru dikatakan siap tanam, penanaman dengan cara memindahkan ke tempat lain seperti pot, polybag maupun langsung di tanah. Kenapa dilakukan pemindahan ? karena proses Pemindahan  benih dapat mempercepat pertumbuhan bunga matahari sebab terpisah dari bibit-bibit lainnya dan tidak saling mengganggu. 


Setelah tanam bunga matahari sedalam kira-kira 2 sampai 5 cm kemudian beri jarak antara bunga matahari dengan tanaman lainnya, masing masing berjarak 15 cm tiap tanaman, san jika halaman anda akan ditanami penuh bunga mata hari usahakan berjarak 76 cm taip bunga matahari.lakukan penanaman pada tempat yang terbuka, karena bunga matahari membutuhkan sinar matahari 6 sampai 8 jam per hari.

 

Jika anda memindahkan pada media pot usahakan memakai pot yang dapat mendukung tumbuh kembang bunga matahari.

 

MANFAAT DAN CARA MENANAM BUNGA MATAHARI


Perawatan Rutin Untuk Bunga Matahari

 

bunga matahari perlu akan perawatan, ditambah lagi pada proses setelah pemindahan, bunga ini masih membutuhkan adaptasi pada media tanam barunya. Oleh karena itu perlu perhatian yang benar-benar  lebih pada bunga matahari soal pertumbuhannya tadi. Bunga matahari tergolong tanaman dengan kebutuhan akan asupan air yang cukup tinggi, hal ini mengharuskan Anda melakukan penyiraman sebanyak dua kali dalam sehari. 


Kondisi ini dilakukan ketika cuaca matahari sedang terik. Dengan perpaduan Kombinasi antara sinar matahari melimpah dengan banyaknya asupan air hal itu membuat pertumbuhan bunga matahari semakin cepat. Oya lakukan penyiraman dengan jarak 7,5 sampai 10 cm jauh dari tanaman. Tergantung besarnya tunas bunga matahari.

 

Sebagian Bunga matahari ada yang bertubuh pendek, seperti bunga matahari berjenis dwarf, bunga ini akan tetap ditumbuhkan dalam pot kecil, ya dikarenakan ukuran sesuai dengan besarnya pot di tambah lagi tumbuhnya yang memang tidak begitu menjulang.


Selain rutin melakukan penyiraman, Anda juga perlu mengantisipasi datang nya hama dan penyakit dengan menambahkan suplemen ke bunga matahari juga memberikan pestisida maupun insektisida yang khusus untuk bunga matahari sebagai benteng terhadap hama dan penyakit.

Caranya bisa diberikan pupuk pada usia bunga matahari mencapai dua bulan, juga berikan pupuk secara rutin di bulan-bulan selanjutnya. Rinciannya seperti ini pada usia 1 bulan berikan pupuk NPK mendekati usia 2 bulan berikan pupuk TSP dengan dosis sesuai usia bunga matahari, untuk bulan-bulan seterusnya. Untuk hama bunga matahari sendiri seperti burung, siput maupun serangga bisa anda akali dengan membuat pagar sesuai dengan tinggi bunga matahari.

 

MANFAAT DAN CARA MENANAM BUNGA MATAHARI

Memanen bunga matahari

 

Bunga matahari bisa bertahan hingga 30 sampai 45 hari, ciri-ciri bunga matahari siap panen yaitu kepala bunga berubah semula hijau menjadi coklat, jika nada menginginkan bunga matahari kering bisa ditutupi dengan kantung beras, agar terlindungi dari burung, potong bunga matahari sedikit agak miring kemudian gantung kelopak bunga selama kurang lebih berminggu-minggu, setelah itu baru biji bunga matahari bisa di ambil dengan kayu atau jari tangan sekalipun, ya memang mudah rontok sih.

Itulah sedikit tahapan cara membudidayakan bunga matahari juga manfaat apa yang dikandung bunga ini, semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ya.. terima kasih


Posting Komentar untuk "MANFAAT DAN CARA MENANAM BUNGA MATAHARI"