Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah
 

Jangan tertipu dengan si tikus Ratatouille, tikus rumahan yang tidak ramah atau sebersih seperti keadaannya. Mereka tinggal di tempat-tempat yang kotor seperti selokan, dari tempat yang jorok begitulah cara tikus ini membawa kuman dan penyakit ke dalam rumah. Oleh karena itu sebaiknya anda segera menyingkirkan tikus dengan cepat, bagaimana caranya? Sangat mudah kok, dengan bahan yang alami pula, simak saja artikel bagaimana cara mengusir tikus dengan bahan yang alami di bawah ini:

 

 Gunakan bubuk kopi


Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah
 


Bahan yang satu ini hampir ada di setiap rumah. Tapi mengapa harus menggunakan bubuk kopi?

Ternyata tikus memiliki indera penciuman yang sangat tajam, penciuman digunakan untuk melacak jejak yang ditinggalkannya. Demikian pula dengan bubuk kopi hitam sama-sama memiliki aroma tajam yang tidak disukai oleh para tikus. Oleh karena itu, pastinya tikus-tikus ini akan menghindari area yang berbau bubuk kopi.

cara menggunakannya cukup dengan satu telapak tangan penuh bubuk kopi. Letakkan di selembar kertas handuk, dan tinggalkan di atas meja di tempat-tempat seperti dapur atau di mana pun Anda menyimpan makanan.

 

Mengusir tikus dengan Buah Noni

 

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah

 

Cara lain untuk mengusir tikus ialah dengan menggunakan buah noni atau Mengkudu dengan nama ilmiahnya Morinda citrifolia, masyarakat aceh menyebutnya keumeudee, kemudu, kudu bahasa Jawa, dan cangkudu bahasa Sunda, disebut noni berasal dari daerah Betawi,Hawaii. Selain manfaatnya bagi kesehatan, buah ini juga dapat mengusir tikus.

 

Cukup potong-potong dan letakkan di sudut-sudut rumah Anda tempat tikus cenderung bersarang. Ingatlah untuk segera mengganti potongan noni saat mulai mengering. Atau bisa juga dengan melarutkannya di dalam air. Setelah itu, kemudian semprotkan pada lubang yang sering dilalui oleh tikus

 

Jangan dibuang!  Taburkan kulit telur di sudut yang dipenuhi tikus


Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah

 

Kebanyak orang setelah membuat telur orak atau telur dadar maupun makanan yang memakai telur pastinya akan segera membuang kulit telur tadi.

Padahal kulit telur masih bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus loh. Ketika anda memiliki kulit telur dalam jumlah yang cukup banyak dari pada di buang, manfaatkan dengan cara mengikuti langkah-langkah ini:

 

1. Menggunakan blender atau menumbuknya dengan kepalan tangan Anda, ubah kulit telur menjadi bubuk

2. Keringkan di bawah sinar matahari atau oven

3. Taburkan bubuk kulit telur di mana Anda sering menemukan tikus bersembunyi

Kulit telur juga busa digunakan untuk mengusir kecoak dan kadal. Untuk anda yang rumahnya tidak memiliki hama, masih bisa mengikuti metode ini untuk pupuk tanaman Anda.

 

Hewan pengerat sangat membenci bawang putih, sama seperti vampir

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah


 

Vampir bukan satu-satunya makhluk yang tidak tahan bawang putih. Tikus pun bakalan lari ketika mencium aromanya. Selain menyiapkan bawang putih, Anda juga perlu menyiapkan kain kasa untuk membuat bungkusnya.

 

Agar tidak bingung, ikuti langkah-langkah ini:

1. Iris bawang putih menjadi beberapa bagian

2. Bungkus bawang putih menggunakan kain kasa

3. Tempatkan paket bawang putih di area yang sering dilalui tikus

4. Diamkan selama beberapa hari dan tikus tidak akan berani datang lagi

 

Daun mint menyingkirkan tikus secara efektif

 

Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah

Daun mint merupakan bahan yang sangat efektif sebagai cara untuk mengusir tikus. Dengan cara menumbuk daun mint lalu campurkan sedikit air, dan tempatkan dalam wadah semprot. Anda mungkin sudah tahu langkah selanjutnya. Ya tinggal Semprotkan campuran daun mint ke area tempat tikus sering anda jumpai.

 

Cuka putih dan kapas bulat


Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumahCara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah


 

Cuka putih merupakan jenis cuka yang paling agresif dalam aroma di luar sana. Maka masuk akal bahwa cuka putih dapat menangkal tikus masuk ke dalam rumah. Kita sudah tahu bahwa tikus benci aroma yang kuat, tetapi ini mungkin bahan yang paling kuat soal aroma dari semuanya.

 

jika Anda ingin menggunakan metode ini, Anda harus:

1. Bersihkan lantai atau area yang sering dilalui tikus

2. Lap atau lap lantai menggunakan air bersih

3. Lapisi bola-bola kapas dengan cuka putih sebaiknya gunakan sarung tangan

4. Simpan bola kapas yang telah diolesi cuka di sarang tikus

5. Saat bola kapas sudah mulai mengering, lapisi lagi dengan cuka putih

 

Terus lakukan metode ini sampai tikus benar-benar merasa harus meninggalkan tempat Anda. Juga, jangan lupa untuk selalu menggunakan sarung tangan saat menuangkan cuka ke kapas. Kandungan asam dalam cuka dapat membahayakan tangan saat kontak dengan kulit.

 

Durian juga dibenci tikus


Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah

 

Raja buah Durian terkenal akan kenikmatan serta rasa buah yang sedap, akan tetapi buah ini memiliki bau yang sangat menyengat sehingga tidak sedikit orang secara aktif menghindarinya. Tak jarang orang mengartikan bau durian dengan bau 'terpentin dan bawang, dihiasi dengan kaus kaki olahraga' hehehehe.

 

Ya saya menyukai buah durian, akan tetapi tikus bukan penggemar buah durian. Cukup hanya menggunakan kulit durian saja dan yang perlu anda lakukan ialah dengan menyimpannya di tempat yang sering tikus berlalu-lalang, seperti menyimpan di bawah meja, belakang kulkas, maupun dekat dengan selokan.

 

Kapur barus kecil yang membuat tikus melarikan diri dari kamar


Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah

 

Mothball merupakan kapur barus berbentuk bola kecil, bisa juga di sebut naphthalene putih yang bekerja secara simultan sebagai pestisida kimia dan deodoran. Jika terdapat sisa kapur barus anda bisa meletakkannya di sudut rumah yang sering dilalui tikus. Perlu di perhatikan untuk selalu Berhati-hati dalam menggunakan kapur barus ini, jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan jangan sampai mereka dapat menelan atau menyentuhnya.

 

Demikian artikel cara mengusir tikus menggunakan bahan alami di sekitar rumah. Usahakan untuk selalu menjaga rumah tetap bersih dengan membuang sampah dan sisa makanan secara rutin. Hama dan pengganggu pun tidak akan masuk ke dalam rumah anda. Mencegah lebih baik, akan tetapi jika di rasa adanya hama anda bisa melakukan cara—cara diatas tadi.

 


Posting Komentar untuk "Cara Mengusir Tikus dengan Bahan Alami sekitar rumah"