Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUNGA MAWAR HITAM OBAT BERBAGAI MACAM PENYAKIT



BUNGA MAWAR HITAM OBAT BERBAGAI MACAM PENYAKIT

PENDAHULUAN


Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias dengan warna yang indah serta memiliki batang berduri. Pada awal persebaran bunga Mawar yaitu bermula dari Eropa Timur, kemudian berkembang ke daerah seperti Cina, Timur Tengah dan dengan cepat berkembang ke seluruh bagian dunia. Bunga mawar yang sering kita jumpai di Indonesia, pada umumnya berjenis mawar seperti merah, putih serta merah muda. terkadang terdapat juga Bunga mawar warna merahnya sangat pekat hampir mirip warna hitam, mawar berwarna pekat ini biasa disebut sebagai bunga mawar hitam atau rose black bisa juga diartikan dark red. 


pada umumnya mawar hitam sering kali dianggap sebagai mitos dan urban legend, juga sering dikaitkan dengan ilmu hitam. karena bunga ini menjadi salah satu syarat pelengkap sesaji. Padahal Warna hitam mawar berasal dari warna merah yang pekat, hal ini terjadi disebabkan bunga mawar hitam hanya sedikit paparan sinar matahari, yang mengakibatkan terjadinya penumpukan kadar antosianin pada tanaman bunga mawar sehingga tidak dapat teroksidasi. Ditambah dengan Suhu dingin yang menyebabkan terlambatnya penguraian reaksi metabolisme, sehingga warna bunga tidak mudah pudar.

 

BUNGA MAWAR HITAM OBAT BERBAGAI MACAM PENYAKIT

penjelasan Mawar Hitam


Bunga Mawar hitam tergolong  bunga yang langka, dikarenakan cara penanaman serta perawatan lebih rumit dibandingkan jenis mawar lainnya. Bunga ini hanya tumbuh pada daerah bersuhu dingin, dengan sedikit sinar matahari dan juga curah hujan lumayan tinggi. selain di pedalaman hutan, mawar hitam kebanyakan dijumpai di wilayah Turki, lebih tepatnya di daerah Halfeti. lokasi berdekatan dengan sungai Eufrat, yang juga turut mempengaruhi perkembangan bunga mawar yang satu ini. Bunga Mawar hitam hanya mekar sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu mekar pertama pada musim gugur dan mekar kedua pada musim semi, bunga ini memiliki waktu mekar yang singkat , hanya selama 15 hari saja.

 

Ketika memasuki musim panas, warna bunga yang tadinya hitamnya akan mulai memudar. Sebenarnya untuk manfaat dari mawar hitam sendiri masih banyak yang belum mengetahuinya, kebanyak hanya mengetahui bahwa bunga mawar hitam merupakan simbol akan kesedihan dan duka cita. Padahal walaupun warna mawar ini berbeda dibandingkan jenis lainnya seperti mawar kuning, mawar merah, mawar putih, mawar hitam memiliki kelebihan selain sebagai tanaman hias. Juga bermanfaat dalam kesehatan, Di antaranya seperti:

 

Sebagai antiseptik alami


Seperti bunga mawar lainya, bunga mawar hitam juga baik bagi kesehatan serta kecantikan, bunga ini memiliki kandungan antiseptik yang dapat membersihkan luka. Karena bunga mawar bisa menjadi minyak atsiri didapat dari ekstraksi bunga mawar, terutama junis Rosa damascena. Minyak mawar mempunyai sifat diantaranya seperti antidepresan, antiseptik, bakterisidal, diuretik, laksatif, dan sedatif, dengan khasiat bunga mawar hitam tadi berfungsi mencegah infeksi, menjadikan bunga mawar terutama mawar hitam sebagai pertolongan pertama ketika timbul luka saat bermain atau lain sebagainya, mencegah luka semakin parah karena kuman.

 




Sebagai antioksidan


Banyak terdapat Kandungan vitamin dan mineral hampir disemua jenis bunga mawar, kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena bisa menjadi antioksidan yang sangat baik. Diantaranya ialah kandungan vitamin E dan C, yang bagus dalam segi kecantikan seperti menutrisi kulit sehingga menangkal penuaan dini. Oleh karena itu bunga mawar terutama mawar hitam seringkali dijadikan bahan baku produk kosmetik sebagai cara mencegah penuaan dini.

 



Melancarkan haid


Bunga mawar hitam dipercaya dapat merangsang hormon yang dapat memicu menstruasi. Tidak hanya merangsang hormon, mawar hitam juga dapat meredakan sakit kram pada perut, mual serta kelelahan ketika terjadinya menstruasi maupun ketika terjadinya sindrom pasca menopause.  Kandungan pada bunga mawar hitam bisa dapatkan dari air bunga mawar atau bisa juga dibuat teh bunga mawar.

 




sebagai metode relaksasi



Bunga mawar hitam tergolong bunga yang memiliki aroma khas, oleh sebab itu membuat bunga mawar hitam memiliki kelebihan yaitu bisa dijadikan salah satu terapi dalam psikoterapi, karena aroma yang khas dan menenangkan tadi, dengan melalui proses pembuatan minyak esensial sebuah aromaterapi pun tercipta. Terdapat banyak penelitian yang  mengungkap bahwa bunga mawar hitam digunakan sebagai antidepresan. Juga peneliti menemukan bahwa  aromaterapi bunga mawar sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas tidur kebanyakan lansia.

 



Obat sakit tenggorokan


Selain beberapa Manfaat tadi, mawar hitam juga memiliki manfaat lainya seperti melegakan tenggorokan. dikarenakan di dalam bunga mawar terdapat kandungan anti bakteri serta antioksidan, hal ini lah yang  menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu juga dapat membantu mencegah infeksi dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

 


Mengobati infeksi saluran kemih


Infeksi saluran kemih biasanya terjadi karena adanya bakteri pada saluran kencing, hal ini yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada saluran kemih saat sedang buang air kecil. Bunga mawar bisa mengatasi masalah infeksi saluran kemih, karena didalamnya terkandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan rasa sakit pada saluran kemih tadi.

 

 

SEDIKIT TAMBAHAN

 

Bunga mawar hitam  atau bunga mawar lainya merupakan tumbuhan yang hidup bermula di wilayah turki (mawar hitam), banyak penelitian membuktikan banyaknya manfaat yang terkandung pada bunga ini.  Seperti ilmuwan Tiongkok mengatakan bahwa pada minyak mawar terdapat aktivitas bakterisida terkuat, lebih kuat dibandingkan 10 minyak lainnya. Saking kuatnya, bakteri seperti Propionibacterium acnes yang bertanggung jawab untuk jerawat, dapat dihancurkan oleh minyak mawar  ini.

 

 

Demikian artikel pembahasan seputar bunga mawar hitam, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share. Terima kasih


Posting Komentar untuk "BUNGA MAWAR HITAM OBAT BERBAGAI MACAM PENYAKIT"